Hasil Tambang Yang bersal dari indonesia

Daftar hasil tambang Indonesia berikut ini, hanya sedikit dari melimpahnya hasil bumi yang berada pada negara kita. Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, menyimpan kekayaan alam yang melimpah ruah dan tersebar pada gugusan pulau-pulaunya dari Sabang sampai Merauke.

Hasil Tambang indonesia
Bahkan, banyak wilayah-wilayah tertentu pada negara kita yang berpotensi menjadi penghasil barang tambang terbaik namun belum mampu untuk berkembang.
 

Hasil Tambang Indonesia

1. Batubara

Di Indonesia memiliki daerah penghasil batubara yang tersebar di nusantara seperti Bukitasam di Tanjungenim, Sumatra Selatan, Kotabaru (Pulau Laut) di Kalimantan Selatan, Sungai Berau di Samarinda, Kalimantan Timur dan Umbilin yang berpusat di Sawahlunto Sumatra Barat. Hasil tambang Indonesia berupa batubara ini, diusahakan oleh PN Batubara yang terdapat juga di Bengkulu, Jawa Barat, Papua, dan Sulawesi Selatan.


2. Emas dan Perak

Dada banyak tanbang emas dan perak di Indonesia, yang bisa ditemukan di Bengkalis (Sumatra), Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara), Cikotok (Jawa Barat), Meuleaboh (Aceh), Rejang Lebong (Bengkulu). Emas dan perak memiliki nilai tukar yang cukup tinggi sehingga banyak pertambagan liar dilakukan.


3. Fosfat

Fosfat terbentuk dari persenyawaan pada kotoran kelelawar yang tercampur dengan dengan batu kapur yang sangat diperlukan dalam industri pupuk. Penambangan fosfat banyak terdapat di Bogor, Pangandaran (Jawa Barat) dan Gombong, Purwokerto, Jepara, Rembang, bojonegoro (Jawa Tengah).


4. Aspal

Pertambangan aspal banyak ditemui pada Pulau Buton (Sulawesi Tenggara), dihasilkan juga oleh Permigan Wonokromo (Jawa Timur) yang merupakan hasil olahan dari jenis minyak bumi.


5. Bijih Besi

Barang tambang Indonesia berupa bijih besi cukup banyak tersebar di wilayah Indonesia, Cilacap pasir besi (Jawa Tengah), Cilegon (Banten), Longkana dan Peg. Verbeek (Sulawesi Tengah), Pulau Dermawan  Pulau Sebuku dan Pulau Suwang (Kalimantan Selatan). Pengolaha bijih besi dilakukan oleh PT Krakatau Steel, Cilegon – Jawa Barat.


6. Belerang

Belerang banyak ditemukan pada daerah pegunungan dan digunakan sebagai bahan obat patek dan korek api. Penembangan belerang terdapat di Gunung Welirang (Jawa Timur), Jambi, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara.


7. Intan

Hasil tambang Intan di Indonesia banyak hampir berpusat di pulau Kalimantan dan tempat pengasahannya terletak di Martapura (Kalimantan Selatan), Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.


 8. Gas Alam

Gas alam banyak digunakan dalam berbagai industri yang juga banya terdapat di daerah Arun (DI Aceh), Bontang (Kalimantan dan juga tersebar di daerah Jawa Barat, Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.


9. Alumunium

Pertambangan alumunium banyak dilakukan pada provinsi papua untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan peralatan dapur, mebel, dan perkakas lain karena sifatnya yang ringan dan mudah dibentuk.


10. Gips

Pada industri keramik, gips telah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatannya. Barang tambang gips di Indonesia, terdapat di daerah Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Hasil Barang Tambang Indonesia

Hasil tambang di Indonesia memang bisa dianggap melimpah ruah dan bisa dikatakan dapat menjadi kekuatan ekonomi negara kita. Tapi jika melihat dari kenyataan yang terjadi, hal tersebut sangat jauh dari. Pengelolaan yang buruk menjadi kelemahan kita untuk membuat barang tambang Indonesia, menjadi komoditi ekspor ekonomi yang sangat menjanjikan. Perlu pembenahan secara serius dalam pengelolaan barang tambang, untuk menciptakan perekonomian yang maju dengan hasil barang tambang dari negeri sendiri.

Sekian dulu postingan kali ini miners blogger
 Semoga bermanfaat buat kalian semua
 #salamtambang

2 komentar:

  1. semoag dengan ini, ina bisa berkembang menjadi negara yang hebat di masa akan datang. amin

    ReplyDelete
  2. asalamu'alaikum warohmatullahi.wabarakatu...
    saya ANA FITRIYANTI Dari Kota Banjarmasin salam kenal buat semuanya.sahabat-sahabat saya Tki dan Tkw.
    cerita yang benar- benar terjadi Asli nyata,100%. bukan rekayasa,Demi Allah Swt.benar-benar.nyata.
    kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang,Tki di malaysia jadi tki
    yg gajinya'tidak mencukupi keluarga dikampun jadi Tki itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2
    buka facebook dan tidak disengaja'saya melihat.komentar orang tentan.mbah during .dan katanya bisa membantu
    orang untuk memberikan'nomor toto podi 4d yg di berikan oleh mbah suri betul dan Benar2 jackpot dan kebetulan
    juga saya sering pasang.nomor toto 6d dan magnum 4d di ,akhirnya saya coba untuk menhubungi.mbah suri dan,
    Alhamdulillah,beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto dan magnum 4D, diberikan mbah suri memang
    betul2 terbukti jackpot 100%. dan saya sangat bersyukur berkat bantuan'mbah suri kini saya bisa pulang ke
    INDONESIA untuk melunasi semua hutang2 saya dan buka usaha sendiri.mungkin'saya tidak bisa.membalas budi
    baik.mbah suri sekali lagi makasih Banyak,mbah dan bagi teman2 yg menjadi TKI atau TKW seperti saya,bila butuh
    bantuan Hub.mbah suri di No Tlpn 082290312551 atau WA (+62822-9031-2551) insya ALLAH beliau akan membantu anda.ini benar
    benar kisah nyata dari saya ANA FITRIYANTI tki malaysia...Semoga barmanfa'at'kpd sahaat-sahabat yang
    membutuhkan Insya Allah,jangan ragu jangan takut sudah terbukti banyak.orang yang sukses.kalau mau bukti hubungi sekarang.. Bisa juga membantu anda melalui pesugihan putih.

    ReplyDelete