usaha Pertambangan di Indonesia

Usaha Pertambangan di indonesia masih sangat terbuka. Sementara ini yang sedang mengalami booming adalah pertambangan batubara (coal mining) terutama di wilayah Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Gambaran Umum Pertambang di Indonesia
  
Bidang-bidang usaha yang tersedia di Pertambangan di Indonesia antara adalah :
  1. Investasi pertambangan itu sendiri, membuka dan mengelola lahan tambang terbuka batubara
  2. Kontraktor pertambangan, yang melaksanakan proses produksi bahan galian batubara
  3. Sub Kontraktor, karena di bidang kontraktor dibutuhkan sejumlah supporting unit dan tenaga kerja maka  sub bidang cukup terbuka untuk dimasuki.
  4. Transportasi, baik transportasi barang galian dalam wilayah tambang maupun transportasi diluar tambang misalnya trasportasi laut (tug boat and barges).
  5. Pelaksana eksplorasi, pengeboran dan pemetaan geologi dan pemetaan permukaan lahan
  6. Trading, terutama tambang skala kecil dan menengah sanngat membutuhkan jasa ini. Karena sering dijumpai fakta bahwa sebagian penambang skala ini tidak memiliki cukup modal maka sangat dibutuhkan kehadiran trading menginjeksi modal beli sebagai biaya kerja.
  7. Marketing free lance, bidang ini yang cukup terbuka bagi siapa saja, Bisa dengan memanfaatkan jaringan person to person maupu melalui jaringan media manual maupun media on line.
  8. Consultan, bidang ini cukup kompleks. Salah satu yang yang cukup sering terjadi adalah ketidak fahaman para pelaku tambang tentang mekanisme investasi di sektor pertambangan, persoalan hubungan masyarakat dan persoalan teknis itu sendiri. kehadiran konsultan yang memahami konfrehensi pertambangan sebagai proyek kompleks sangat dibutuhkan. hingga saat ini belum ditemukan adanya lembaga khusus mengelola hal ini.
  9. Suplier, merupakan perkerjaan yang sangat terbuka peluangnya bagi masyarakat umum. Jenis suplai yang dibutuhkan di tambang indonesia antara lain adalah tenaga kerja oleh penyedia jasa tenaga kerja, spare part heavy equipment, peralatan safety, BBM, catering dan ATK.  
Selain batubara, di wilayah Pertambangan di Indonesia potensi mineral logam seperti Bijih besi (Fe), Tembaga (Cu), Emas (Au), Timbal (Pb) Magnesium (Mn) dan Nikel (Ni) serta banyak lagi mineral jarang, semua dapat ditemukan di Indonesia. Peluang investasi pada mineral cukup rumit tetapi sebagai alasan mendasar bahwa peluang itu akan terbuka adalah bahwa kebutuhan dunia tentang mineral logam masih sangat terbuka dan tak akan berhenti Pada Pertambangan di Indonesia

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bagus, menarik dan bermanfaat...
    untuk Training ISO bisa menghubungi:
    Training ISO


    (FR)

    ReplyDelete