Mineral Wulfenite

Wulfenite

Pengertian Mineral Wulfenite

Mineral Wulfenite adalah mineral molibdat timbal dengan rumus PbMoO4. Mineral ini paling sering ditemukan berbenuk kristal tabular tipis dengan warna cerah oranye-merah ke kuning-oranye, kadang-kadang coklat, meskipun warna bisa sangat bervariasi. Dalam bentuk kuning kadang-kadang disebut "Timbal bijih kuning".

Mineral Wulfenite ini mengkristal dalam sistem tetragonal,  kristal piramida atau tabel. Mineral ini dapat ditemukan di berbagai  daerah, terkait dengan bijih timah sebagai mineral sekunder yang terkait dengan zona teroksidasi deposito timah. Ini juga merupakan bijih sekunder molibdenum, dan dicari oleh para kolektor.

Kristal tabular umumnya tipis, persegi, menunjukkan  dengan wajah datar atau bulat vicinal, dapat memanjang atau piramidal, dengan piramida truncating atau mengganti , lebih jarang pseudo-oktahedral, dan sangat jarang piramida baik prismatik kubik atau pendek. Umumnya hanya bentuk tambahan, beberapa hemihedrism piramida menunjukkan, granular, besar.

Mineral Wulfenite adalah favorit di kalangan kolektor mineral. Ini membentuk kristal yang luar biasa dan agregat dalam warna cerah yang beberapa mineral bisa cocok. Mineral Wulfenite membentuk seri dengan mineral langka Stolzite, yang berisi tungsten di tempat molibdenum. Wulfenite dinamai untuk menghormati mineralog Austria Franz Xavier von Wulfen (1.728-1.805).

WulfeniteWulfenite adalah mineral yang sangat unik  dan populer untuk di koleksi, karena memiliki  Warna yang kuat, kilap yang  bagus. Dan inilah yang menjadi hal yang sangat menarik perhatian banyak kolektor di seluruh dunia.
Wulfenite juga menjadi sebuah teka-teki dalam hal simetri. Ada hasil yang bertentangan tes simetri berbagai dan ini biasanya tidak terjadi. Ini adalah salah simetri dari 4 atau 4 / m. Perbedaannya adalah adanya sengketa dari bidang tegak lurus dengan sumbu cermin lipat empat. Jika ada cermin, maka kristal harus memiliki atas yang merupakan bayangan cermin dari bagian bawahnya. Meskipun kristal yang paling tidak menunjukkan dengan jelas, wajah-wajah piramida bawah miring pada sudut yang berbeda dari wajah piramida atas. Ini menunjukkan simetri hanya 4. Namun, tes lain simetri yang menunjukkan simetri 4 / m. Ini keanehan simetris hanya menambah minat wulfenite di kalangan kolektor serius.

Wulfenite pertama kali ditemukan pada tahun 1845 di Bad Bleiberg, Carinthia, Austria ,  nama  Mineral ini di ambil dari seorang mineralog Austria yang bernama Franz Xavier  von Wulfen (1.728-1.805). sebagai penghormatan kepadanya.

Sifat Mineral

Warna merah, oranye, kuning, perak dan putih.
Luster adalah vitreous.
Transparansi Kristal yang transparan untuk tembus.
Sistem kristal tetragonal, 4 / m atau 4
Kebiasaan kristal meliputi persegi sangat tipis atau piring pinacoidal oktahedral dengan wajah piramida truncating hanya tepi kristal. Pada saat piramida menjadi menonjol dan psuedo-dipyramidal kebiasaan kristal terlihat, kadang-kadang karena kelahiran kembar. Wajah prismatik juga terlihat dan dapat membuat psuedo-kubik kristal. Juga encrusting dan luas agregat karena intergrowth dari piring kristal.
Belahan sempurna dalam satu arah.
Fraktur adalah conchoidal.
Kekerasan adalah 3.
Berat Jenis adalah sekitar 6,8 (sangat berat untuk mineral tembus)
Streak putih
Mineral terkait adalah mimetite, limonit, smithsonite, vanadinite dan galena.
Karakteristik lain indeks bias adalah 2,28-2,40 (sangat tinggi, tapi khas mineral timah).
Letak mineral termasuk Maroko, Tsumeb, Namibia, Meksiko dan Arizona dan New Mexico, Amerika Serikat.
Indikator Lapangan terbaik adalah kristal kebiasaan, warna, kepadatan dan kilau.

Determinasi Mineral

Kimia: PbMoO4
Komposisi: molibdat Timbal
Kelas: Sulfat
Sistem kristal: tetragonal
Fracture: conchoidal, Brittle
Kekerasan: 2,7-3
Spesifik Gravity: 6,8
Indeks bias: 2,28-2,40
Luster: vitreous
Streak: putih
Warna: Merah, oranye, kuning, coklat, abu-abu, hampir putih
Pembelahan: sempurna dalam satu arah
Transparansi: transparan untuk tembus
Associated Mineral: galena, limonit, mimetite, pyromorphite, smithsonite dan vanadinite

Komposisi

Timbal molibdat (60,7% PbO, 39,3% MoO3)

Karakteristik

Warna-warna cemerlang bersama dengan perkembangan tabular dari kristal merupakan karakteristik dari mineral ini. Membuatnya menjadi salah satu mineral yang paling mudah untuk di kenali. Hampir tidak ada mineral lain yang dapat serupa dengan mineral ini.

Lingkungan

Sebuah mineral sekunder membentuk dekat permukaan dalam pembuluh darah utama. Mineral Wulfenite berkembang di iklim kering, di mana cuaca yang sangat panjang dan cukup mendalam. The Southwest Amerika dan Meksiko mwnganggap wulfenite sangat penting untuk mereka.


Sekian dulu postingan Mineral Wulfenite kali ini sahabat blogger..

jangan lupa untuk tinggalkan komentar kalian dibwah sini.

semoga bermanfaat buat kalian Semua..!!

#SALAM TAMBANG..

0 komentar:

Post a Comment